Lakukan 5 Hal Ini saat Cara Klaim Asuransi Ditolak

Anda memiliki polis asuransi kesehatan sebagai upaya proteksi diri? Memiliki polis asuransi bukanlah sebuah tren, melainkan kebutuhan. Siapa bisa menduga kapan akan sakit parah semisal harus melakukan total knee replacement ? Seperti yang diketahui biaya operasi tkr lumayan mahal jadi mungkin akan terbantu dengan adanya asuransi kesehatan.

Asuransi


Cara klaim Asuransi Prudential juga sangat mudah. Tinggal melengkapi dokumen, lalu menyerahkannya pada agen. Bagaimana jika ditolak? Lakukan hal ini.

1. Memeriksa Dokumen
Dokumen yang diserahkan saat klaim harus lengkap. Isi berkasnya antara lain fotokopi KTP, kartu dan polis asuransi, surat keterangan dokter, dan kuitansi dari rumah sakit tempat Anda dirawat. Jika sudah lengkap, periksa KTP Anda, jangan-jangan masa berlakunya sudah habis. Uruslah KTP itu terlebih dahulu, baru ajukan ulang klaim asuransi.

2. Rumah Sakit Rekanan 
Apakah rumah sakit tempat Anda dirawat adalah rekanan dari asuransi yang anda miliki? Hati-hati saat memilih rumah sakit. Sebelum masuk ke sebuah rumah sakit, tanyakan pada petugas front office apakah tempat itu rekanan atau bukan. Anda juga bisa bertanya pada agen asuransi anda atau browsing internet. Jika bukan rekanan, maka kesalahan bukan dari Asuransi anda.

3. Kinerja Agen
Agen adalah penghubung antara pihak asuransi dan pemegang polis. Hati-hati saat memilih agen, pilih orang yang sabar, teliti, dan mau memperjuangkan klaim. Ia wajib mengetahui proses cara klaim asuransi dan menerangkan prosesnya. Saat klaim cair, ia tidak boleh meminta uang sepeser pun dari Anda.

Jika seorang agen sudah mengklaim dan ditolak, maka ia akan mencari solusi. Misalnya memeriksa ulang kelengkapan dokumen dan melihat penyakit Anda. Jika ternyata Anda dirawat karena tumor atau kista, maka yang terjadi bukanlah penolakan klaim, melainkan masa tunggu yang lebih lama. Pada kasus beberapa penyakit berat, maka klaim baru cair setelah 12 bulan. 

4. Jasa Pihak Ketiga
Pemegang polis yang akan mengklaim asuransi bisa mengalami kesulitan karena agen berhenti atau malah bekerja di asuransi lain. Bagaimana cara klaimnya? Ada pihak ketiga yang membuka jasa pengurusan klaim. Ia akan mendengarkan keluhan Anda, lalu memeriksa berkas dokumen. Pihak ketiga itu akan menguruskan dan klaim pun segera cair. 

5. Menelepon Call Center 
Jika semua cara sudah ditempuh, tapi klaim asuransi belum cair, jangan sedih. Telepon saja call center di hari dan jam kerja. Petugas akan mendengarkan keluhan Anda dan memberikan solusi. Anda juga bisa langsung datang ke kantor langsung dan mendapatkan keterangan terkait alasan kenapa klaimnya ditolak. Mereka akan memberikan solusinya.

Cara klaim asuransi sebenarnya mudah dan cepat. Anda tinggal melengkapi berkas, seperti fotokopi KTP, kartu asuransi, serta polisnya. Jangan lupa membawa kuitansi Rumah sakit dan surat keterangan dari dokter. Jika klaim ditolak, jangan menyerah. Hubungi agen Anda atau telepon call center untuk mendapat keterangan lebih lanjut.

Previous
Next Post »