Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Rumah


kebersihan rumah

Kebersihan merupakan hal yang penting saat berada di dalam rumah, demi terciptanya lingkungan yang bersih maka secara rutin kita harus melakukan pembersihan di dalam rumah, seperti yang lonifi.com kutip dari liputan6 berikut.
Setiap orang pasti ingin setiap hal yang ada di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Beberapa rutinitas pembersihan rumah pun dilakukan demi menjaga kebersihan. Namun, terkadang jadwal yang ada tidak ditaati dengan baik dan kebersihan rumah pun tak terwujud dengan maksimal.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Senin (15/2/2016), beberapa hal utama sebaiknya dibersihkan setiap minggunya di rumah Anda. Anda dapat memilih melakukan semuanya di akhir pekan, atau melakukan satu hal setiap harinya. Yang terpenting adalah miliki rencana dan rutinitas untuk membuat rumah Anda terlihat bersih setiap saat.

1. Pakaian kotor

Ini mungkin adalah tugas "favorit" dari semua orang, termasuk Anda. Anda mungkin tidak mencuci pakaian kotor Anda seminggu sekali, namun setiap hari. Untuk beberapa jenis pakaian, seperti handuk, Anda harus mengerti bahwa setidaknya ia harus digunakan sebanyak tiga kali sebelum dicuci. Untuk mempermudah pekerjaan ini, Anda dapat menyediakan dua buah keranjang tempat pakaian kotor untuk membedakan mana pakaian yang harus dicuci setiap hari, dan mana pakaian yang harus dicuci seminggu sekali. Setidaknya hal ini membuat satu rutinitas Anda selesai, bahkan sebelum Anda memulainya.
Dapur

2. Dapur

Walaupun Anda merasa bahwa tidak ada bagian di dapur Anda yang terlihat kotor, namun Anda harus mengetahui bahwa dapur merupakan tempat untuk banyak bakteri bersarang. Setidaknya peralatan dapur harus dibersihkan seminggu sekali, walaupun tidak terpakai sama sekali, dan gunakan spon halus untuk menghilangkan semua bakteri yang ada di dalamnya.
Kemoceng

3. Kemoceng

Debu tidak hanya terlihat buruk dan kotor, namun juga dapat merusak furnitur di rumah Anda. Debu abrasif dapat menyebabkan kerusakan apabila ia bergesekan dengan pembersih. Benda yang satu ini dapat menyingkirkan debu. Bersihkan kemoceng dengan cara menjemurnya dan menepuk-nepuknya agar debu terangkat. Setelah debu tersingkir, maksimalkan dengan kain lembap agar sisa debu benar-benar menghilang.
Karpet dan permadani

4. Karpet dan permadani

Sebelum Anda melihat remah-remah atau kutu loncat di karpet dan permadani, sebaiknya Anda memiliki kesadaran untuk rajin membersihkan kedua barang ini. Lakukan pada karpet yang diletakkan pada tempat-tempat di dalam rumah Anda yang memiliki tingkat lalu lintas yang tinggi, seperti ruang keluarga, lorong, dan kamar tidur Anda.
Bathtub dan shower

5. Bathtub dan shower

Tempat basah menjadi tempat yang paling memungkinkan untuk jamur berkembang biak dengan mudah dan cepat, sehingga setiap minggu Anda harus rajin untuk menggosok dan membersihkan kedua hal ini, untuk menghentikan pertumbuhan jamur di atasnya.
Permukaan kamar mandi

6. Permukaan kamar mandi

Ini berarti adalah ubin, kaca, dan wastafel Anda. Kenapa? Karena semua bakteri yang ada di toilet Anda dapat menyebar kemana-mana, walaupun Anda tidak pernah lupa untuk menutupnya. Jadi, mulai saat ini selain jangan lupa untuk menutup toilet Anda, Anda dapat membersihkan kamar mandi Anda setiap minggu, agar terhindar dari bakteri yang berkeliaran.
Toilet

7. Toilet

Hal yang paling kotor di dalam rumah Anda, juga termasuk hal yang paling sering Anda dan tamu Anda gunakan. Anda dapat memulai untuk membersihkannya setiap minggu. Untuk lebih memperlihatkan bahwa toilet Anda bersih, gunakan pembersih sekaligus pemutih toilet yang mudah untuk didapat.
Previous
Next Post »