Tips Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama


kentang
Bagi anda yang meiiki pasookan kentang yang banyak dan bingung bagaimana cara menyimpannya agar awet untuk beberapa bulan kedepan, sebaiknya ikuti tips yang lonifi.com kutip dari okezone berikut.
KENTANG merupakan jenis umbi-umbian yang dapat Anda simpan dalam waktu lama. Namun, dibutuhkan sejumlah trik khusus agar kesegarannya dapat terjaga dengan baik.

Dilansir dari eHow, Sabtu (31/12/2016), berikut 3 tips ampuh menyimpan kentang agar awet hingga beberapa bulan. Sstttt, jangan pernah meletakkan kentang di dalam lemari pendingin ya!

Suhu

Letakkanlah kentang pada suhu ruang yang memiliki permukaan kering, agar kentang dapat bertahan hingga beberapa minggu lamanya. Jika Anda menyimpan kentang pada ruangan bersuhu 65 - 70 derajat celcius, kentang akan lebih cepat membusuk dan rentan terserang bakteri-bakteri jahat.

Kelembapan



Tempat terbaik untuk menyimpan kentang adalah di dalam tas berwarna gelap atau kotak kardus. Kentang harus diletakkan di tempat gelap untuk menghindari pertumbuhan tunas-tunas baru yang mengandung senyawa beracun. Oleh karena itu, kondisi ideal untuk menyimpan kentang di ruangan yang memiliki kelmbapan udara antara 90 sampai 95 persen.

Jangan cuci kentang

Jika Anda ingin menyimpan kentang yang baru saja dipanen, jangan pernah mencucinya. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan tunas-tunas baru pada permukaan kentang. Proses pencucian hanya boleh dilakukan ketika Anda sudah ingin mengolah kentang menjadi masakan. Solusinya adalah menyimpan kentang pada ruangan tertutup pada suhu 45 derajat Celcius.
Previous
Next Post »